Tingkatkan Hasil pertanian, Babinsa Bantu Petani Basmi tikus di areal sawah Desa Ponowaren - klip warta

Breaking

About me

BANNER 728X90

Sabtu, 12 Oktober 2024

Tingkatkan Hasil pertanian, Babinsa Bantu Petani Basmi tikus di areal sawah Desa Ponowaren

Sukoharjo (13/10/24) Babinsa Koramil 04 Tawangsari wilayah ds. Ponowaren Sertu Suparman melaksanakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah bidang ketahanan pangan dengan memberikan pendampingan petani membantu gropyokan tikus di areal persawahan dk. Badran, desa Ponowaren, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Serka Sugeng di sela-sela kegiatan menjelaskan bahwa hama tikus yang merupakan musuh utama para petani berdampak fatal terhadap hasil panen padi. Karena tikus merusak tanaman padi pada fase tumbuh dari semai hingga panen bahkan sampai penyimpanan.

Kerusakan parah terjadi jika tikus menyerang padi pada fase generatif, karena tanaman sudah tidak mampu membentuk anakan baru. Pada serangan berat, tikus merusak tanaman padi mulai dari tengah petak, meluas kearah pinggir hingga tidak tersisa.

"Karena itu agar serangan hama pengerat itu tidak terus meluas maka sebelum tanam harus segera ditanggulangi, dan salah satu upaya penanggulangan dimaksud yaitu dengan gropyokan," ujarnya.

Dia mengatakan gropyokan dengan cara pengemposan asap belerang di lubang tikus ataupun dengan cara gelonggongan air ke sarang lubang tikus yang dilakukan oleh para petani tersebut merupakan cara yang tergolong sederhana dan tardisional. Namun, hasilnya terbukti cukup efektif, sebab dengan cara ini banyak tikus yang dapat dibasmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar