Sertu Setiyono Babinsa desa Bulu, aktif himbau para peternak sapi cegah penyebaran PMK - klip warta

Breaking

About me

BANNER 728X90

Kamis, 18 April 2024

Sertu Setiyono Babinsa desa Bulu, aktif himbau para peternak sapi cegah penyebaran PMK

Sukoharjo (19/04/24) Babinsa Koramil 03 Bulu wilayah desa Bulu Sertu Setyono, dalam rangka mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), melaksanakan pengecekan hewan ternak para milik warga di wilayah dukuh Pulo RT 01 RW 04 Ds. Bulu, dalam rangka melaksanakan pembinaan ketahanan wilayah.

Sertu Setyono mengungkapkan, pihaknya saat melakukan pengecekan terkadang menemukan hewan ternak milik warga ada yang terjangkit, hal yang harus dilakukan oleh Babinsa pada saat itu juga langsung menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.

"Saat melakukan pengecekan kami juga mengimbau warga, selain fokus pada penggemukan sapi, warga petani agar jangan ragu untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK, untuk mendapatkan penanganan medis, agar apa yang sudah diupayakan tidak sia-sia karena hewan ternaknya terjangkit penyakit, " ujarnya.

Dalam hal ini Babinsa sudah terbiasa dengan tugas seprti ini di wilayah, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK. Yakni dengan memantau dan menangani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukoharjo serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah memutus penyebaran PMK.

"Selain himbauan dan penyemprotan, vaksinasi juga sering kita laksanakan, seperti yang sudah dilakukan di beberapa waktu yang alalu, guna mempercepat penanganan PMK pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Sukoharjo," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar