Babinsa Koramil 12 Bendosari dampingi petani kumpulkan data awal cegah PMK hewan ternak di desa Gentan. - klip warta

Breaking

About me

BANNER 728X90

Senin, 29 Januari 2024

Babinsa Koramil 12 Bendosari dampingi petani kumpulkan data awal cegah PMK hewan ternak di desa Gentan.

Sukoharjo (30/01/24) Bertempat di peternakan sapi milik bapak Suratman Dk.Peren Desa Gentan Kec. Bendosari, Babinsa Desa Gentan Sertu Wardoyo melaksanakan pendampingan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sebagai upaya pengendalian dan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku belah di wilayah Desa Gentan Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

Dalam kesempatan ini, Babinsa menyampaikan bahwa gerakan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) lebih lanjut dilaksanakan melalui vaksinasi PMK ini sebagai tindak lanjut dari data yang telah dikumpulkan. Tujuan gerakan ini adalah untuk pencegahan penularan penyakit PMK yang di sebabkan virus.

Lebih lanjut dijelaskan, walaupun virus ini tidak berbahaya buat manusia tetapi dampaknya merugikan petani ternak khususnya sapi karena harga jual di pasaran murah bahkan tidak laku, Adapun ciri penyakit PMK ini adalah demam tinggi, air liur yang berlebihan, luka lepuh pada lidah, bibir, kuping, hidung dan kulit di antara kuku.

Sementara Sertu Wardoyo selaku Babinsa di wilayah Desa Gentan dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada warga binaannya terutama yang mempunyai binatang ternak seperti sapi agar selalu menjaga kebersihan baik tempat/kandang maupun binatang ternaknya dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Ini merupakan kegiatan pengumpulan data awal, bila menemukan gejala PMK pada ternaknya, segera laporkan ke dinas terkait agar bisa dilakukan pencegahannya,"kata Babinsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar